Thursday, March 3, 2011

Ketuanan Islam : Ahmadinejad Beri Amaran Kepada Amerika Usah Campurtangan Soal Libya


Jika Amerika turut campur tangan di Libya maka negara itu akan menjadi kuburan bagi para tenteranya. Demikian amaran presiden Iran Mahmud Ahmadinejad.

Menurut presiden Ahmadinejad, bekas presiden Bush memberikan alasan serangan 11 September untuk menyerang Irak dan Afghanistan.

"Jika kamu sekali lagi mengirim tentara ke negara mana pun di Afrika Utara atau Timur Tengah, maka negara-negara di wilayah itu, akan bangkit dan menggali kubur untuk tentera kamu," demikian amaran presiden Ahmadinejad.

Sebelumnya, dua kapal perang AS yang membawa tentera laut dan peralatan memasuki Laut Tengah, Rabu, dalam perjalanan menuju Libya, kata Penguasa Terusan Suez, ketika Barat sedang mempertimbangkan pilihanh ketenteraan di negara itu. "Kapal USS Kearsage dan USS Ponce telah memasuki Laut Tengah," kata pihak berkuasa itu dalam sebuah pernyataan.

Kapal ampibi Kearsage, yang membawa sekitar 800 tentera laut, sebuah armada helikopter dan kemudahan perubatan, untuk membantu usaha kemanusiaan dan juga melakukan operasi ketenteraan.

"Secara pasti kami menggerakkan perlatan kami semakin dekat (ke Libya)," kata seorang pejabat pertahanan AS kepada AFP di Washington, Selasa.

"Sebuah kapal seperti Kearsage dapat melakukan pelbagai misi," tambahnya. Negara-negara Barat kini sedang berdebat mengenai apakah akan memberlakukan zon larangan terbang di atas Libya untuk membantu pemberontak yang memerangi pemerintah Moamar Kadhafi. Sejumlah tokoh pembangkang di Libya telah meminta serangan udara Barat.

Namun, Kadhafi memperingatkan dalam pidatonya Rabu, "ribuan" orang akan tewas jika Barat campur tangan untuk membantu pemberontak yang berusaha menjatuhkannya. Sebuah kapal induk AS, USS Enterprise, yang membawa jet-jet tempur yang mampu menegakkan zon larangan terbang, juga dikerahkan untuk krisis Libya.

No comments: