Wednesday, April 11, 2012

VIDEO: Gempa 8.5 SR Melanda Aceh



Gempa berpusat di 434 kilometer barat daya Meulaboh, Aceh berlaku hari ini pukul 15.38 WIB. Gempa ini mengingatkan warga pada gempa yang terjadi pada 2004.
Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini berpotensi tsunami. Potensi bencana ini mensasar pesisir barat Pulau Sumatera bermuala dari pesisir Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung.
Dalam video di bawah, kita dapat lihat lampu di sebuah bangunan masih bergoyang saat kru tvOne sedang membuat liputan Pemilukada di Aceh. Warga berusaha menyelamatkan diri mereka dengan menjauh dari gedung-gedung.




Pada 2004, Aceh dilanda gempa9 SR yang kemudian disusul tsunami yang menyapu Aceh. Bencana ini terjadi pada 26 Desember 2004.
Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) warga Aceh sudah bergerak ke tempat-tempat tinggi karana BMKG sudah mengeluarkan amaran tsunami.
“Informasi dari Aceh, gempa dirasakan sangat keras. Kesesakan jalanraya berlaku bagi meraka untuk menuju tanah yang tinggi, suara siren, dan suara azan bergema,” kata Ketua Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo. (umi)
Vivanews

No comments: